Sehari Bersama Respati Dengan Warga Desa Maguwoharjo

Sehari Bersama Respati Dengan Warga Desa Maguwoharjo

Sabtu (26/1/2019) Program Studi DIII Kebidanan dan DIV Bidan Pendidik FIKES UNRIYO melaksanakan acara rutin tahunan “Sehari Bersama Respati”  sejak tahun 2007. Acara ini dikemas dalam pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa dengan berbagai kegiatan diantaranya lomba cerdas cermat kader, lomba balita sehat, lomba menu sehat herbal, pendidikan seks lansia, pelatihan penanganan awal kegawatdaruratan umum dan juga deteksi dini HIV AIDS melalui VCT yang diikuti oleh warga masyarakat Desa Maguwoharjo.

Tahun ini kegiatan dilaksanakan di kampus 2 UNRIYO Tajem Maguwoharjo yang diikuti oleh 12 padukuhan dengan melibatkan dosen dari kebidanan, keperawatan, gizi, kesehatan masyarakat, tim VCT dari Puskesmas Depok 1 dan 121 mahasiswa. Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Wakil Rektor 1 DR. Fransiska Lanni, MS, Kepala Puskesmas Depok 1 drg. Dwi Prastowo Susanto, Ketua Pokja III PKK Kecamatan Depok Sumarsih Supeno, dan Sekretaris Desa Heri Susanto. Dalam sambutannya, Heri Susanto, S.Pd menyampaikan bahwa perencanaan anggaran desa sudah mulai memfokuskan pada bidang kesehatan bagi warganya, dan ke depan untuk kegiatan – kegiatan penunjang tersebut akan bersinergi dan bekerjasama dengan UNRIYO. Hal itu disambut baik oleh Wakil Rektor  1 UNRIYO, yang juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung upaya Desa Maguwoharjo dalam hal kesehatan.

Kegiatan Sehari Bersama Respati ini merupakan integrasi pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa pada mata kuliah Praktik Komunitas. Melalui kegiatan SBR mahasiswa diharapkan mempunyai gambaran nyata tentang masyarakat Desa Maguwoharjo, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan terutama dalam bidang kesehatan ibu dan anak.

Sartono, salah satu warga mengatakan mendapat manfaat yang baik dari kegiatan ini, peningkatan pengetahuan yang didapat dirasa sangat berguna untuk kehidupan sehari – hari. Begitupun dari Kepala Puskesmas Depok 1, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membantu pihak puskesmas dalam mensosialisasikan program – programnya langsung pada sasaran. Sehingga diharapkan kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di Desa Maguwoharjo.


Berita Terkait

Pendidikan Sarapan Sehat dan Jajanan Aman menuju Generasi Sehat Berprestas

PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL TERAKREDITASI

INSTRUMEN PENELITIAN

Seminar Sarapan Sehat dan Jajanan Aman bagi Guru PAUD dan TK di DIY

Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2017

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
RiXUR4