Public Health Study Tour ACICIS – UI – UNRIYO

Public Health Study Tour ACICIS – UI – UNRIYO

Public Health Study Tour ACICIS - UI - UNRIYO
Australian Consortiom for ‘in Country’ Indonesian Studies (ACICIS) merupakan sebuah non profit consortium yang didirikan pada Tahun 1994 beranggotakan 26 Universitas di Australia, Belanda, dan Inggris yang mengembangkan dan mengkoordinasikan pilihan studi di Indonesia. Pada Bulan Juli 2018, ACICIS menyelenggarakan program Public Health Study Tour (PHST). PHST adalah program intensif bagi mahasiswa/I selama dua minggu yang terdiri dari serangkaian seminar dan sejumlah kunjungan lapangan untuk mendapatkan pengalaman di bidang pengalaman kesehatan masyarakat di Indonesia. Program ini memberikan pengenalan tentang tantangan kesehatan masyarakat yang dihadapi saat ini, inisiatif pemerintah, prakarsa internasional dan masyarakat yang ada untuk memenuhi tantangan ini.

ACICIS bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) untuk mengisi acara Seminar sebagai narasumber dan fasilitator kunjungan lapangan ke Puskesmas dan Posyandu. Kegiatan seminar dilaksanakan di Hotel Prime Plaza pada hari Rabu Tanggal 11 Juli 2018 dengan narasumber Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta Ibu Nur Alvira Pascawati DP., SKM., MPH. topik yang disampaikan dalam seminar tersebut adalah tentang DHF and Malaria Prevention and Respon in Indonesia Especially DIY.

Kunjungan lapangan dilaksanakan pada hari Kamis 12 Juli 2018 di Puskesmas Ngemplak 1, Puskesmas Ngemplak 2, dan Puskesmas Cangkringan Kabupaten Sleman. Kegiatan tersebut diikuti oleh 49 mahasiswa ACICIS masing-masing 18 mahasiswa di Puskesmas Ngemplak 1, 13 mahasiswa di Puskesmas Ngemplak 2, dan 18 mahasiswa di Puskesmas Cangkringan. Kegiatan kunjungan disambut oleh Kepala Puskesmas dan Muspika (Camat) setempat. Mahasiswa ACICIS melakukan observasi pada layanan bagian KIA, Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan laboratorium masing-masing Puskesmas. Selanjutnya mahasiswa ACICIS mengunjungi Posyandu di wilayah kerja masing – masing Puskesmas yaitu Posyandu 


Berita Terkait

Try Out Uji Kompetensi Nutrisionis di Kampus UNRIYO

kuliah umum tentang hubungan indonesia australia timor leste oleh Bp. Krist

Dana Hibah Dikti

GERAKAN MASYARAKAT CINTA SEHAT (GERMACIS) SEBAGAI STRATEGI MENGENDALIKAN PE

Workshop Character Building SMA 3 Ponorogo Oleh Prodi HI

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
scQRRo