Praktik Kerja Lapangan Prodi Kesehatan Masyarakat

Praktik Kerja Lapangan Prodi Kesehatan Masyarakat

Dalam rangka turut mengembangkan kualitas sumber daya manusia kesehatan dan berusaha untuk menghasilkan tenaga-tenaga yang profesional dan mampu untuk berkontribusi dalam kesehatan masyarakat, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta menyelenggarakan Praktek Kerja Lapangan. Praktek Kerja Lapangan adalah kegiatan mahasiswa yang terencana dan terbimbing dalam bentuk praktik kerja guna memberikan pengalaman belajar tentang aplikasi keilmuan di institusi tempat PKL untuk meningkatkan kerja lulusan. Praktek Kerja Lapangan menjadi pembelajaran lapangan bagi mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan keilmuan yang didapatkan selama belajar di kampus. Praktek Kerja Lapangan diharapkan dapat meningkatkan capaian profil lulusan Kesehatan Masyarakat yaitu MIRACLE sebagai berikut:

Profil Lulusan

Kompetensi yang Dibutuhkan

MANAGER

Mampu dalam merencanakan keuangan dan terampil dalam bidang manajemen

INNOVATOR

Mampu mengembangkan kebijkan dan perencanaan program

RESEARCHER

Mampu melakukan kajian dan analisis situasi

APPRENTICER

Memiliki Penguasaai Ilmu Kesehatan Masyarakat

COMMUNITARIAN

Mampu berkomunikasi secara efektif 

Mampu memahami budaya setempat

LEADER

Memiliki kemampuan kepemimpinan dan berfikir sistem

EDUCATOR

Mampu melaksanakan permberdayaan masyarakat

 

Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) mengembangkan sumber daya manusia kesehatan dan berusaha untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang mampu  memenuhi tuntutan masyarakat tentang kebutuhan kesehatan khususnya di institusi pelayanan kesehatan baik di rumah sakit, puskesmas, lembaga kesehatan lain maupun masyarakat pada umumnya. Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat perlu mendapatkan berbagai pengalaman belajar secara langsung di lapangan untuk mencapai tujuan di atas, sehingga dapat menjadi bekal setelah lulus dan dapat diaplikasikan di puskesmas, rumah sakit, lembaga kesehatan lain maupun masyarakat pada umumnya.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat dengan bobot 3 SKS yang berada disemester VIII dilakukan melalui strategi pemberian kuliah pembekalan, praktek langsung di lapangandan ujian PKL. Khusus untuk kegiatan lapangan merupakan proses pembelajaran dengan menerapkan (mengaplikasikan) semua ilmu yang telah diperoleh di kelas ke dalam suatu tatanan nyata di tempat kerja, di mana masalah kesehatan yang akan ditemui lebih kompleks, sehingga diharapkan mahasiswa akan mampu menjadi petugas pelayanan kesehatan dan belajar mengatasi masalah kesehatan tersebut melalui berbagai intervensi kesehatan masyarakat dengan menggunakan pendekatan proses problem solving cycle.

Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan mengacu pada 8 kompetensi kesmas dengan penekanan pada upaya promotif, preventif, rehabilitatif yang merupakan aplikasi Ilmu Kesehatan Masyarakat baik di area Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kesehatan Reproduksi, dan Gizi Masyarakat dengan menggunakan alat Epidemiologi, Biostatistik dan Kependudukan, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku.


Berita Terkait

Jurnal ILGI (Ilmu Gizi Indonesia)

KBK Mengacu KKNI Dengan Metode Blok

Seminar Nasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Rangka Memperin

Kerjasama

Angkat Sumpah Dan Pelantikan Ners

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
1uc2e5