Dirgahayu Republik Indonesia ke–74 Upacara Bendera Berbasis Karakter

Dirgahayu Republik Indonesia ke–74 Upacara Bendera Berbasis Karakter

Upacara Bendera berbasis karakter- Upacara bendera berbasis pendidikan karakter merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan rasa nasionalisme. Untuk menumbuhkan kesatuan dan persatuan bangsa sebagai modal utama dalam pembangunannya diperlukan kaum muda atau anak-anak bangsa yang menghargai perjuangan para pendiri bangsa dan mencintai negara. Lembaga pendidikan dalam membentuk serta mendidik pola pikir dan perilaku atas rasa nasionalisme sangatlah dibutuhkan. Rasa nasionalisme dapat ditanamkan secara kontinyu sejak dini dan dalam perwujudannya, nasionalisme dapat diperoleh dari upacara bendera berbasis karakter. Oeh karena itu, UNRIYO Perguruan tinggi swasta di jogja adalah kampus yang menjunjung tinggi semangat nasionalisme, menjadikan kegiatan upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, menjadi agenda rutin dan wajib dalam memupuk rasa cinta tanah air. 

Pada tahun 2019 ini tepatnya pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2019, UNRIYO menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dimulai pukul 07.00 di kampus 2 UNRIYO Jl Raya Tajem Km 1,5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, diikuti oleh Perwakilan Yayasan, Rektor, Para Wakil Rektor, Kepala Badan Penjaminan Mutu, Para Dekan, Para Ketua Prodi, Para Kepala Biro/Pusat, Dosen, Karyawan dan juga mahasiswa, sebanyak kurang lebih 350 orang. Para Petugas Upacara yang merupakan Dosen, Karyawan, dan petugas keamanan di lingkungan UNRIYO dilatih selama 2 minggu mengikuti standar tata upacara yang berlaku.

Rektor UNRIYO selaku Pembina Upacara, menyampaikan bahwa kegiatan Upacara Bendera merupakan wujud dari rasa cinta tanah air dan bangsa sekaligus akan meningkatkan rasa nasionalisme dalam jiwa seluruh sivitas akademika UNRIYO. HUT RI ke-74 yang mengusung tema “SDM Unggul Indonesia Maju” merupakan pesan moral bagi UNRIYO dan warga negara Indonesia secara umum untuk peduli dalam meningkatkan kualitas pendidikan menuju pembentukan Sumber Daya Manusia yang unggul, berakhlak mulia dan berjiwa patriot dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia. Kualitas sumber daya manusia tidak hanya sekedar jargon dan aksi sesaat, namun pencapaian kualitas harus dicapai dengan menanamkan sikap yang disiplin, berakhlak mulia, bermoral, beretika sebagai suatu habit (perilaku) dalam kesehariannya sehingga sikap unggul adalah ciri budaya SDM Indonesia.


Semangat Bangsaku, makmur Negaraku, jayalah Indonesiaku....Merdeka..!!.

Bersama Respati Raih Prestasi !!


Berita Terkait

Try Out Uji Kompetensi Nutrisionis di Kampus UNRIYO

Prodi Kesmas Unriyo Ke Dreamlight Ungaran

Grand Final Duta Genre DIY 2018 Jalur Pendidikan Badan Kependudukan Dan Kel

Raih Program Beasiswa Mahasiswa Baru Unriyo 2018 – 2019

Kunjungan Pengawasan Mutu Makanan (PMM) Prodi S1 Ilmu Gizi 2018

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
o3D4fg